Announcement Text - Pengertian, Struktur Teks, Fungsi, Unsur Bahasa, dan Contoh Announcement Text

Announcement Text atau teks pengumuman, hmm... siapa sih yang tidak tahu teks fungsional yang satu ini. Announcement atau pengumuman sering kali kita jumpai dimanapun dan kapanpun. Misal, pengumuman tentang adanya suatu acara di sekolah kalian, pengumuman tentang adanya lowongan pekerjaan, atau pengumuman yang paling kalian tunggu yaitu pengumuman pemenang give away, hehehe...

Biasanya, announcement text atau teks pengumuman ini kalian pelajari saat duduk di kelas 8 SMP, guys. Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kalian akan diminta untuk menguasai tata cara penulisan teks fungsional pendek yang satu ini. Perlu kalian ketahui bahwa announcement text masuk dalam kategori short functional text yang harus kalian kuasai saat berada di kelas 8 SMP. Kalian akan diminta untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan announcement text seperti definition (pengertian), purpose (tujuan), generic structure (struktur teks), language features (unsur-unsur kebahasaan), dan juga kalian harus mampu untuk menulis example (contoh) dari announcement text.

Contoh announcement text
Gambar 1. contoh announcement text

Announcement Text - Pengertian, Struktur Teks, Fungsi, Unsur Bahasa, dan Contoh Announcement Text

Yuk, kita bahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan announcement text mulai dari Pengertian, Struktur Teks, Fungsi, Unsur Bahasa, dan Contoh Announcement Text yang perlu dikuasai dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

  1. Apa itu Announcement Text? Pengertian Announcement Text

    An announcement is a written or spoken statement in public or formal words containing information about an event that has happened or is going to happen so publicly people know what, when, who, and where it is about.

    Artinya, teks pengumuman merupakan sebuah pernyataan baik itu tertulis maupun secara lisan yang bersifat publik atau juga bisa diartikan sebagai sebuah pernyataan formal yang mengandung informasi mengenai suatu acara atau kejadian yang sedang terjadi ataupun yang akan terjadi sehingga khalayak umum mengetahui apa, kapan, siapa, dan dimana suatu acara/kejadian tersebut berlangsung.

    Berbeda dengan Explanation Text, teks pengumuman merupakan suatu pernyataan baik secara tertulis atau lisan yang berisi informasi mengenai suatu hal atau acara yang telah terjadi atau yang akan berlangsung sehingga khalayak umum tahu tentang apa, kapan, dan dimana acara tersebut berlangsung.

  2. Fungsi atau Tujuan Announcement Text

    The function or purpose of announcement is used for giving people some information of what has happened or what will happen.

    Tujuan dari announcement text atau teks pengumuman yaitu untuk memberitahu orang-orang mengenai beberapa informasi tentang apa yang telah terjadi atau acara apa yang akan berlangsung.

  3. Struktur Teks dari Announcement Text

    Di dalam announcement text, ada 4 (empat) aspek struktur teks yang harus diketahui. Struktur teks dari teks pengumuman diantaranya adalah:
    • Stating purpose
      The text that contains what event will be held - Kalimat yang memberi informasi tentang acara apa yang akan berlangsung atau dilaksanakan.

    • Stating day and date
      Day and date realization. The text that contains when the event will be held - Kalimat yang memberi informasi tentang kapan acara akan dilaksanakan.

    • Stating place
      The text that contains where the event will be held - Kalimat yang memberi informasi tentang lokasi atau tempat diadakannya acara yang akan berlangsung.

    • Informing sender
      The text that contains name of the person who will be contacted - Kalimat yang memberi informasi tentang nama seseorang yang bisa dihubungi apabila ada sesuatu yang perlu ditanyakan mengenai acara yang diumumkan.

  4. Unsur Bahasa yang ada pada Announcement Text

    Terdapat 2 (dua) unsur kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam announcement text, diantaranya dalah:
    • Using simple present tense and simple future tense
      Contoh kalimat yang digunakan dalam announcement text
      • Due to some technical problems, the show will...
      • We apologize for the inconvenience.
      • Hi, Guys! Our neighborhood will hold a fund Raising Activity next month.
      • The event will be held on May 21st , 2019.
      • The ceremony will be held in the hall of SMP 02 Sukamaju.

    • Using exact noun
      Contoh kalimat yang digunakan seperti:
      • All students of SMP Pelita Jaya
      • All eighth grade students' of SMP Sukamaju
      • Mrs. Rose (as the committee)

  5. Contoh Announcement Text

    Berikut contoh announcement text yang bisa kalian pelajari
    Contoh 1
    The example of announcement text
    Gambar 2. the example of announcement text

    Contoh 2
    ANNOUNCEMENT

    To celebrate our 24th school anniversary, then our school will hold a competition including speech competition and Ranking 1 competition. The events will be held on Monday, April 29th, 2019.The competitions will be held in the school hall.
    All students of SMP N 13 Madiun are required to follow and participate.
    For the further information you can contact Mrs. Tutik as the committee in the school office.

    Thank you,

    Mrs. Tutik


    Contoh 3

    ANNOUNCEMENT

    Attention!
    To all twelve grade students of SMP N 1 Sukamakmur to attend additional lessons that will be started on June 12th until June 24th, 2019. For those who have not enrolled are expected to fill the registration form in the school office.
    All students are required to take it to be successful in the final exam.

    Thank you,

    Mr. Albert

    Baca juga:
    Recount Text: Definition, Social Function, Generic Structure, Language Feature, and Example of Recount Text
Itulah ulasan mengenai definition, purpose, generic structure, language features, and example of Announcement Text. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian untuk memahami dan menguasai teks fungsional pendek dalam bentuk teks pengumuman. Kita ketemu lagi di pembahasan lainnya, guys! See ya...!

Posting Komentar

1 Komentar